Anna Sulisetiawati

Bismillah ... Atas nama Tuhan yang Maha Pemurah Terima kasih atas ilmu yang tercurah Semoga melalui media ini ilmu makin terasah...

Selengkapnya
Navigasi Web

BELAJAR DARI FILM

Tantangan hari ke-10

Permintaan siswa untuk nonton film agar tak bosan belajar di kelas menjadi sebuah permintaan yang dengan sengaja akan saya tepati. Setelah berselancar mencari judul dan tayangan film yang sesuai umur, ditemukanlah film yang sesuai dengan jenjang umur dan materi yang akan dipelajari bersama.

Sebuah film yang sesuai dengan materi dipilih sebagai media pembelajaran siang ini. Film anak-anak yang banyak berkisah tentang perjuangan hidup walau tak lagi sesuai realita kekinian. Karena nyatanya siswa selalu berada di zona nyaman, dimana semua tersedia dan terpenuhi. Siswa jarang keluar dari zona nyaman yang jauh dari kemapanan. Nah, melalui media film diharapkan bermanfaat untuk memberikan contoh-contoh kehidupan yang kadang tidak sesuai harapan dan kenyataan.

Sejatinya setiap media pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangan, begitu juga dengan media film. Kelebihan film sebagai salah satu media pembelajaran sebagai berikut: (1) film sangat bagus untuk menjelaskan suatu proses; (2) film dapat menampilkan kembali masa lalu dan menyajikan kejadian sejarah masa lampau; (3) film dapat mengatasi keterbatasan jarak dan waktu; (4) film dapat memikat perhatian anak; (5) film yang mengandung nilai-nilai positif dapat mengundang pemikiran dan pembahasan dalam kelompok siswa.

Sementara kelemahan film sebagai media pembelajaran antara lain: (1) media film memerlukan tempat, waktu, dan peralatan; (2) media film tidak dapat menggambarkan realitas sebenarnya; (3) guru tidak bisa mengukur pengetahuan siswa secara maksimal dan mengontrol apa yang dipikirkan siswa.

Contohlah film anak-anak yang sedang tayang saat ini seperti judul film bertema tentang anak-anak garuda yang berkisah tentang perjuangan meraih mimpi. Film tersebut tak hanya berkisah tentang kesuksesan seseorang, namun bagaimana proses dalam meraih kesuksesan tersebut. Yang jelas tidak mudah dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar serta butuh perjuangan dan mental sekuat baja untuk meraih semua mimpi tersebut.

Pun begitu guru harus piawai mengajak siswa untuk memaknai film tersebut serta dikaitkan pula dengan realita kekinian. Sehingga film tersebut tidak hanya menjadi tontonan kosong tanpa makna namun diharapkan akan menjadi tuntunan sikap baik bagi proses pembelajaran dan kehidupan siswa selanjutnya.

#TantanganGurusiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post